Bekas Tambang itu Kini Jadi Pantai yang Eksotis

Pantai Jetis
INGATKAH KALIAN KONDISI PANTAI JETIS BEBERAPA TAHUN LALU? BELUM PERNAH MAIN KE SANA? ATAU MALAH BELUM PERNAH DENGAR ADA OBJEK WISATA DI PESISIR SELATAN DESA PATUTREJO, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN PURWOREJO ITU? BAGI YANG TAHU SEJARAH MASA LALU KAWASAN ITU, PASTI KAGET CAMPUR BANGGA MELIHAT PERUBAHAN DRASTIS PANTAI JETIS.

Pertama kali saya datang ke pantai Patutrejo tahun 2009, yang ada hanya hamparan pasir gersang. Pertambangan pasir entah untuk urukan atau bahan bangunan, marak dilakukan warga setempat. Jauh sekali dari kesan objek wisata. Taman_Payung_Pantai_Jetis_Pukau_Wisatawan

Wajar memang kondisi pantai kala itu tidak terawat. Apalagi kawasan itu adalah bekas tambang pasir besi PT Aneka Tambang (Antam) yang mengakhiri masa baktinya tahun 2007 silam. Lalu Antam melakukan reklamasi sesuai kesepakatan dengan masyarakat. Untungnya, masyarakat ketika itu meminta kawasan pantai dihijaukan dengan ditanami cemara udang dan kelapa. Lubang-lubang bekas tambang diratakan.
Pantai payung nan rindang
Tahun-tahun awal pascareklamasi, belum tampak hasilnya karena banyak tanaman yang mati dan marak pertambangan pasir tradisional. Ketika tanaman mulai rindang dua tahun terakhir, mulai ada serbuan tambak udang. Tawaran keuntungan yang menggiurkan tampaknya tidak serta merta membuat seluruh warga tertarik, lantas mengubah pesisir jadi tambak. Masyarakat yang ketika itu juga mulai berpikir bahwa Pantai Jetis bisa dikembangkan untuk pariwisata.

Love Jetis
Pelan-pelan kawasan itu dibangun, beberapa gazebo didirikan. Pengunjung datang 'cethal-cethil'. Setelah itu, barulah perubahan 'ekstrim' dilakukan masyarakat dan pemerintah desa sekitar setengah tahun terakhir. Mereka memikirkan konsep unik untuk mempercantik Pantai Jetis.

Dipakailah ide 'Taman Payung Pantai Jetis'. Mereka mulai memasang ratusan patung di dahan cemara. Membuat beberapa spot untuk bersantai di bawah rimbunnya hutan cemara, arena bermain anak, tempat selfie, gubuk istirahat di tepi pantai hingga gardu pandang setinggi kurang lebih enam meter.

Fasilitas pendukung juga dibangun. Musala, kamar mandi, tempat sampah, parkir dan akses jalan yang halus akan memudahkan wisatawan saat menikmati keindahan Pantai Jetis. Warung aneka makanan juga mulai menjamur di pantai itu.perubahan 'ekstrim' dilakukan masyarakat dan pemerintah desa sekitar setengah tahun terakhir. Mereka memikirkan konsep unik untuk mempercantik Pantai Jetis.

 
Adanya fasilitas itu memberi gambaran kepada wisatawan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Jetis. Petualangan di pantai, hutan cemara, selfie di atas panggung dengan latar belakang lambang cinta, santai di gubuk tepi pantai sampil menikmati semilir angin laut. Paling jos ya memanjat gardu pandang dengan pemandangan perbukitan Menoreh, tambak udang, hamparan hutan cemara dan horizon Samudera Indonesia.
 

Video by Riko Mulyo Permono

Pantai Jetis buka setiap hari dan berkunjung ke sini juga masih gratis. Wisatawan hanya dikenakan biaya parkir dan sumbangan sukarela biaya perawatan ketika akan memanfaatkan fasilitas wisata seperti gardu pandang, panggung selfie dan arena bermain anak. Pantai unik itu mampu menyedot ribuan pengunjung dalam seminggu.
 
Untuk menuju Pantai Jetis juga amat sangat gampang. Pantai itu berjarak kurang lebih satu kilometer di selatan Jalan Lintas Selatan Jawa atau Jalan Daendels. Artinya pantai itu mudah diakses baik dari arah Yogyakarta maupun Kebumen. Sementara dari arah Purworejo, tinggal melaju sampai Kutoarjo, lantas ke arah Ketawangrejo, mentok Jalan Daendels dan kalau bablas terus, sampai juga ke Pantai Jetis.
 
Itu kalau pakai kendaraan pribadi, nah jika naik kendaraan umum, maka naik angkutan dan turun di Kutoarjo. Lantas gantian naik mikro jalur Kutoarjo - Ketawangrejo. Kalau sudah sampai Patutrejo, mungkin akan ada ojek atau jalan kaki aja udah cukup dekat, sekalian olahraga. hehehe.
 
Namun sajian indah Pantai Jetis jangan sampai kalian kotori dengan aksi vandalisme dan buang sampah sembarangan. Tempat wisata dimanapun bakal jelek dan pamornya meredup apabila pengunjungnya masih memiliki dua kebiasaan buruk itu. So tetap jaga kebersihan Pantai Jetis ya!

View gardu pandang
Cemara berhias payung, pas untuk selfie
Gubuk santai tepi pantai
Kata mereka, ini payung cinta




Comments

Popular Posts