Bersiaplah untuk Petualangan Mangrove Gedangan

Dayung kano susuri hutan mangrove
WISATA KAWASAN PESISIR TIDAK MELULU PANTAI. ADA BANYAK POTENSI DI KAWASAN PESISIR YANG BISA DINIKMATI KEINDAHANNYA. DIANTARANYA HUTAN MANGROVE. MEMANG TIDAK SEMUA KAWASAN PESISIR MEMILIKI EKOSISTEM MANGROVE, NAMUN PANTAI YANG MEMILIKINYA BIASANYA SUDAH MEMANFAATKAN HUTAN ITU UNTUK PARIWISATA.

Hutan mangrove di Desa Gedangan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo salah satunya. Kawasan hutan di sepanjang Sungai Pasir itu kini dimanfaatkan warga untuk pariwisata. Hutan_Mangrove_Gedangan_Wisata_Baru_Purworejo

Masyarakat setempat membentuk kelompok sadar wisata Desa Mangrove Gedangan Purwodadi (Demang Gedi) yang menjadi operator tunggal kegiatan wisata di desa itu. Mereka mendapat binaan dari Komunitas Mangrove Purworejo (Komangjo), LSM yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan pesisir. Masyarakat membangun kawasan itu setahap demi setahap.

Upaya itu mulai membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan ke Demang Gedi. Memang baru ratusan orang datang ke desa itu dalam seminggu, namun jumlah segitu pun cukup mengingat Gedangan baru merintis desa wisata. 
Jembatan mangrove

Lantas, apa saja yang ditawarkan di Gedangan? Tentunya hutan mangrove. Pengunjung bisa menyusuri kawasan hutan meniti jembatan sepanjang ratusan meter yang dibangun masyarakat. Terdapat beberapa gazebo dan panggung untuk tempat istirahat di sepanjang jembatan mangrove. Sunset juga menjadi pemandangan unggulan yang banyak diburu di Gedangan.

Sebagai tempat wisata edukasi, masyarakat juga memberi kesempatan pengunjung untuk belajar ekosistem mangrove dan menanam bibit bakau. 
Mancing yuk!

Tidak hanya itu, ada sensasi menyusur hutan mangrove dengan kano dan perahu mesin juga ditawarkan warga. Memancing dan mengamati burung juga lazim dilakukan di mangrove Gedangan. Tentu mudah mendapat tangkapan karena hutan mangrove menjadi sarang ikan muara.
 
Sementara fasilitas yang disediakan adalah lahan parkir tidak jauh dari jembatan mangrove, sejumlah warung makan. Sementara untuk sanitasi masih menggunakan fasilitas yang dimiliki warga, sebab pengelola masih membangunnya. Dukung_Pariwisata_Gedangan_Bangun_Jembatan_Mangrove

Akses jalan menuju Gedangan juga mudah. Gedangan terletak hanya satu kilometer di sebelah selatan Jalan Daendels. Berkendaralah dari Purworejo ke arah Pantai Jatimalang, lalu sampai perempatan bangjo Jalan Daendels, Nampurejo, beloklah ke timur atau arah Congot Kulponprogo. Jangan ngebut, pelan2 saja, sebab berkendara hanya perlu sampai Desa Jogoresan dan akan terlihat rambu penunjung Desa Mangrove Gedangan.

Untuk menikmati keindahannya, tidak butuh kocek tebal. Hanya mengeluarkan recehan untuk parkir. Adapun retribusi belum dipungut di desa ini. Kecuali Anda menginginkan paket edukasi dan petualangan mangrove, silakan kontak pengelolanya.

Siapkan dirimu bertualang di Desa Mangrove Gedangan!! 

Daun bakau
Kebun bibit

Hutan mangrove nan asri

Dermaga perahu

 Link Video by Riko MP






Comments

  1. Wah ikut bangga deh sebagai warga Purworejo. Semoga pariwisatanya semakin dikelola dengan baik. Dan yang perlu dijaga adalah kebersihannya.. Maju terussss...

    ReplyDelete
  2. Amiin amminn... semoga warganya selalu memiliki krenteg untuk kreatif memanfaatkan potensi wisata di lingkungannya

    ReplyDelete
  3. Semisal paud atau tk ingin mengadakan wisata edukasi kami harus menghubungi siapa,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 085640668705 ini nmor Sapto, penyelenggara wisata mangrove..

      Delete

Post a Comment

Popular Posts